Kamis, 18 Desember 2014

Oseng - Oseng Mercon,Yogyakarta

Source : http://budaya-indonesia.org/Oseng-Oseng-Mercon/#


Oseng-oseng Mercon sesuai dengan namanya, mercon yang berarti petasan, siapapun yang menikmati masakan ini dijamin akan merasakan sensasi rasa pedas seperti mercon yang meledak di lidah. Sensasi ini bukanlah perumpamaan yang berlebihan, mengingat salah satu bahan utama pembuatan Oseng-oseng Mercon adalah cabai rawit.
Proses penemuan resep Oseng-oseng Mercon sendiri berawal dari coba-coba yang dilakukan oleh orangtua Bu Narti. Pada saat Idul Adha, keluarga Narti menerima banyak daging kurban. Selain daging sapi, mereka juga memperoleh kulit, kikil, dan gajih yang oleh masyarakat Yogyakarta dikenal dengan nama koyoran. Merasa bingung dengan daging yang lumayan banyak, akhirnya tercetuslah ide untuk memasak bagian-bagian tersebut dengan menggunakan cabai rawit.
Saat Bu Narti membuka warung makan, Oseng-oseng Mercon menjadi menu utama yang ditawarkan kepada pengunjung. Tak disangka, rupanya pembeli justru menyukai menu yang sangat pedas ini. Oseng-oseng Mercon akhirnya menjadi menu yang popular di kalangan masyarakat yang berkantong cekak. Tentu saja hal ini dikarenakan sifat Oseng-oseng Mercon yang nglawuhi, karena sedikit Oseng-Oseng Mercon sudah cukup menjadi teman makan satu porsi besar nasi.
Nama Oseng-oseng Mercon sendiri merupakan pemberian budayawan Emha Ainun Najib. Dulu, para seniman dan budayawan yang sering makan di warung Bu Narti ini sering berkelakar bahwa oseng-oseng yang dimasak Bu Narti rasa pedasnya seperti mercon. Akhirnya nama itu pun digunakan hingga saat ini. Selain Oseng-oseng Mercon, banyak pula yang menyebutnya sebagai Oseng-Oseng Bledek (halilintar). Selain Bu Narti, saat ini sudah banyak warung tenda maupun warung makan yang juga menjadikan Oseng-oseng Mercon sebagai menu andalan mereka.
Keistimewaan
Sepintas lihat, tampilan Oseng-Oseng Mercon tidaklah menarik bahkan mungkin terkesan sedikit aneh. Struktur bentuknya seperti lendir bergumpal dengan irisan cabai di sana-sini. Jika didiamkan sebentar saja, maka masakan ini akan ngendal atau mengeluarkan lemak beku. Tapi Anda jangan buru-buru menyingkirkan masakan ini dari hadapan Anda. Cobalah sesuap dengan nasi putih hangat, dijamin Anda akan meneruskan makan Anda hingga suapan terakhir. Perpaduan rasa pedas dan nikmat akan segera menghilangkan semua ingatan tentang bentuknya yang aneh.
Menurut para penikmat Oseng-oseng Mercon, justru rasa pedas itulah yang membuat ketagihan. Ibarat makan sambal, sudah tahu pedas masih tetap mencobanya. Bahkan, meski berujar sudah kapok dengan menu yang membakar lidah ini, mereka justru sering mencobanya lagi dan lagi hingga menjadi penikmat masakan ini.



keluyuran-indonesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar